Pemdes Kota Agung Menyalurkan Bantuan Program Ketahanan Pangan Kepada Masyarakat

oleh -5474 Dilihat

Kabar Jurnalis Com–Pemerintah Desa Kota Agung, Kecamatan Bermani Ilir, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, membagikan bantuan program ketahanan pangan kepada masyarakat Desa Setempat. Selasa 22/05/2024.

Kepala Desa Kota Agung, Tasi menjelaskan, pembagian bantuan berupa jenis ayam kampung yang merupakan program ketahanan pangan tahap I pencairan Dana Desa Tahun Anggaran 2024.

“Program ini dijalankan agar masyarakat Desa Kuto Agung bisa membudidayakan ternak ayam kampung guna menambah penghasilan keluarga,” kata Tasi.

“Kami sudah menyalurkan bantuan untuk tahap I, yaitu ternak ayam kampung. Ya tahun ini, ada 2 jenis kegiatan pada program ketahanan pangan. Untuk tahap II nanti, jika tidak ada perubahan, yakni pembagian bibit tanaman buah,” jelas Tasi.

Untuk besaran anggaran program ketahanan pangan TA 2024, sambung Kades Tasi, mencapai Rp 160 juta dengan kalkulasi 20 persen dari pagu DD TA 2024. Dari anggaran ini, ada 2 item jenis pengadaan yang akan direalisasikan, yaitu jenis hewani dan jenis nabati.

Penentuan program ketahanan pangan ini, lanjut Kades Kota Agung, berdasarkan hasil kesepakatan melalui musyawarah sebelum penyusunan RKPDes, yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Dia pun berharap dari program ini nantinya bisa meningkatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, aman, higienis, bermutu, dan berbasis pada potensi sumber daya lokal sesuai dengan tujuan dari pemerintah menetapkan program ketahanan pangan yang disalurkan melalui Pemerintah Desa dengan menggunakan Dana Desa.

“Ya kita berharap program ini bisa berkelanjutan supaya dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa. Dan tidak muncul permasalahan di antara masyarakat, sebab kita membutuhkan semua dukungan masyarakat Desa untuk menjalankan program yang sudah diwacanakan,” harap Kades.(Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.