Pemdes Barat Wetan Telah Selesai Melaksanakan Pembangunan Pisik TA 2024 Tahap Pertama

oleh -1579 Dilihat

Kabar Jurnalis com–Pemerintah Desa Barat Wetan, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, telah melaksanakan pelaksanaan pembangunan pisik, Tahun Anggaran 2024 untuk tahap pertama.

Kegiatan pembangunan bentuk pisik untuk tahap pertama di tahun 2024 yaitu pembangunan Drainase dan Rabat Beton sepanjang 146 meter, dengan lebar 2 meter di Dusun 1, Hal ini di ungkapkan Bejo Kepala Desa Barat Wetan, pada wartawan. Kamis 30/05/2024.

Kades Bejo mengatakan. Hal tersenut merupakan pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan Usaha Tani Desa yang bersumber dari Dana Desa tahap pertama di tahun 2024.

Pekerjaan yang di laksanakan oleh TPK itu hanya memakan waktu tak lebih dari dua pekan saja. Kesigapan dari para anggota TPK merupakan bentuk komitmen dan konsistensi demi percepatan pembangunan Desa.

Bejo juga memaparkan membangun jalan Tani berupa Rabat Beton dan Drainase, hal ini akan sangat membantu masyarakat Desa dalam aktivitas pertanian.

“Dengan adanya rabat beton, aksesibilitas dalam mengeluarkan hasil pertanian akan meningkat, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Kades.

Bejo juga menjelaskan, sebelum sudah mengadakan sosialisasi, untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang konsep Padat Karya Tunai, yang merupakan program pemerintah untuk memberdayakan masyarakat, melalui peningkatan infrastruktur Desa sambil memberikan kesempatan kerja kepada warga setempat.

“Kegiatan sosialisasi sebelumnya, juga bertujuan untuk menginformasikan mengenai proses Musyawarah Desa (Musdes) dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk tahun mendatang,” ungkap Kades.

Kades menjelaskan hal merupakan langkah penting dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berdaya guna bagi masyarakat Desa Barat Wetan.

“Melalui kegiatan ini, saya harapkan masyarakat dapat lebih aktif terlibat dalam proses pembangunan Desa, baik melalui partisipasi langsung maupun melalui penyampaian aspirasi dan usulan pada Musyawarah Desa. Dengan demikian, pembangunan yang dilakukan akan lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat,” ujar Kades.

“Komitmen dan kerja sama antara Pemerintah Desa, lembaga kemasyarakatan, dan seluruh elemen masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan Desa Barat Wetan. Diharapkan bahwa kegiatan sosialisasi ini akan menjadi awal yang baik dalam upaya mencapai kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh warga Desa,” tuturnya.

Bejo berharap dengan adanya pembangunan Drainase dan Rabat Beton, bisa dimanfaat masyarakat setempat, sekaligus menjaga dan merawat hasil pekerjaan yang sudah dibangun.

“Alhamdulilah, saya berharap masyarakat bisa menjaga dan memanfaatkan akses yang telah dibangun,” tutur Kades.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.