Pemdes Air Gantang Menggelar Rembuk Stunting, Sebagai Upaya Perhatian Percepatan Penurunan Stunting

oleh -621 Dilihat

Kabar Jurnalis Babel–Terkait percepatan penurunan stunting. Pemerintah Desa Air Gantang, Kecamatan Parittiga, Bangka Barat, menggelar rembuk stunting, dibalai Desa setempat, Rabu 08/05/2024.

Acara ini menandai langkah awal yang kuat dalam upaya bersama untuk mencapai generasi muda yang lebih sehat dan berkualitas di masa depan. Karena masalah stunting masih menjadi perhatian secara Nasional yang perlu mendapatkan penanganan dari seluruh elemen masyarakat.

Kegiatan Rembuk stunting dihadiri Kepala Desa Air Gantang H Alikan, dan Perangkat Desa, Anggota BPD, Bidan, Babinsa, Babinkamtibmas, Kader Posyandu, Kader PKK, Pendamping Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Warga Setempat.

H.Alikan Kepala Desa Air Gantang mengatakan bahwa masalah stunting masih menjadi perhatian secara Nasional yang perlu mendapatkan penanganan guna percepatan penurunan Stunting, khususnya di Desa Air Gantang.

“Seperti yang tertera pada semboyannya. Melalui konvergensi pencegahan Stunting, kita wujudkan sumberdaya manusia yang unggul membangun indonesia maju,” kata H. Alikan.

“Rembuk stunting ini sifatnya wajib untuk dilaksanakan oleh kita, karena diinstruksikan langsung oleh Pemerintah Pusat berdasarkan regulasi dan merupakan rangkaian Pra Musyawarah Desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2024 untuk pencegahan dan penanganan Stunting,” kata H. Alikan.

Dikatakannya, permasalahan stunting ini menjadi prioritas Pemerintah dikarenakan masalah ini mempengaruhi kualitas SDM yakni terhambatnya tumbuh kembang anak.

“Oleh karena itu, program ini harus dilaksanakan secara konvergen atau terpusat, terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor,” ujar Alikan.

Ia menjelaskan, dengan dilaksanakan rembuk Stunting ini dapat bersama-sama berbagi data untuk menyatukan gerakan dalam penanganan Stunting kedepannya sebagai ujung tombak pelayanan, Kader RDS, KPM, kader Posyandu serta tenaga kesehatan harus mampu memberikan edukasi dan mengarahkan keluarga untuk memiliki pola pikir hidup sehat dan maju.

“Saya berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar serta hasil yang didapatkan dari rembuk Stunting ini dapat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat di Desa Air Gantang ini,” ungkap Kades.

Alikan menambahkan, diperoleh dari hasil musyawarah rembuk stanting tingkat Desa di Air Gantang tersebut sebagai berikut:

1. Kader kesehatan melakukan pendampingan kepada orang tua dan anak yang teridentifikasi stunting untuk konsultasi ke Puskesmas.

2. Kader kesehatan melakukan jemput bola pengukuran tinggi dan berat badan anak setiap bulan.

3. LPM dan RT beserta lkd lainnya juga turut serta untuk mengajak masyarakat datang ke posyandu.

4. Pemberian PMT dimaksimalkan untuk 22 orang anak yang teridentifikasi stunting ditambah dengan telur dan susu.

5. Kader KPM bertugas mengantar PMT dan tugas kader kesehatan lainnya memastikan PMT tersebut dimakan oleh 22 anak teridentifikasi stunting.(Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.