Pasar Malam Kembali Hadir di Desa Tutuyan II: Peringatan untuk Warga dan Pemerintah Desa

oleh -8786 Dilihat
Foto : ilustrasi
Foto : ilustrasi Pasar Malam Kembali Hadir di Desa Tutuyan II: Peringatan untuk Warga dan Pemerintah Desa

Kabar-jurnalis.comDesa Tutuyan II di Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara, kembali kedatangan pasar malam atau yang biasa disebut warga sebagai “Rembulan” pada hari Minggu, 7 Juli 2024. Acara ini selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat, karena menghadirkan berbagai macam hiburan, makanan, dan kesempatan bersosialisasi. Namun, di balik keseruan ini, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh semua pihak, terutama mengenai aspek keamanan dan keselamatan.

 

Peringatan untuk Orang Tua

 

Bagi para orang tua, terutama mereka yang memiliki anak perempuan di bawah umur, sangat disarankan untuk selalu waspada dan memastikan anak-anak mereka dalam pengawasan yang ketat selama berlangsungnya pasar malam. Pasar malam yang ramai dapat menjadi tempat yang rawan bagi anak-anak, terutama dalam hal keselamatan dan keamanan. Kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti hilangnya anak atau hal-hal yang lebih buruk, dapat terjadi di keramaian seperti ini.

 

Peran Pemerintah Desa

 

Pemerintah Desa Tutuyan II juga diharapkan dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya pasar malam. Salah satu langkah yang diusulkan adalah mewajibkan semua karyawan dan pihak-pihak yang terlibat dalam pasar malam untuk melaporkan diri dalam waktu 1×24 jam. Langkah ini diharapkan dapat membantu pemerintah desa dalam memantau situasi dan mengambil tindakan cepat jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

 

Selain itu, patroli keamanan oleh aparat desa dan petugas keamanan juga harus ditingkatkan selama acara berlangsung. Kehadiran petugas keamanan yang visible dapat memberikan rasa aman bagi pengunjung dan mencegah terjadinya tindakan kriminal.

 

Kerjasama Antara Warga dan Pemerintah

 

Kerjasama antara warga dan pemerintah desa sangat penting dalam memastikan pasar malam berlangsung dengan aman dan lancar. Warga diharapkan dapat saling menjaga dan melaporkan hal-hal mencurigakan kepada pihak berwenang. Pemerintah desa, di sisi lain, harus responsif terhadap laporan warga dan siap untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

 

Langkah-langkah Pencegahan

 

Berikut adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat diambil oleh warga dan pemerintah desa:

  1. Pengawasan Anak-anak : Orang tua harus selalu mengawasi anak-anak mereka dan tidak membiarkan mereka berkeliaran sendirian.
  2. Penerangan yang Cukup : Pastikan area pasar malam memiliki penerangan yang cukup untuk mengurangi risiko tindakan kriminal.
  3. Patroli Rutin : Lakukan patroli rutin oleh petugas keamanan desa untuk memastikan situasi tetap aman.
  4. Komunikasi Efektif : Sediakan sarana komunikasi yang mudah diakses, seperti nomor darurat yang dapat dihubungi oleh warga jika terjadi hal-hal yang mencurigakan.
  5. Edukasi Warga: Berikan edukasi kepada warga mengenai pentingnya menjaga keamanan diri dan keluarga saat berada di keramaian.

 

Pasar malam “Rembulan” adalah salah satu tradisi yang membawa keceriaan bagi warga Desa Tutuyan II. Namun, tanpa adanya kerjasama dan kewaspadaan dari semua pihak, acara ini dapat berubah menjadi sumber masalah. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban agar pasar malam ini dapat dinikmati dengan aman dan menyenangkan oleh semua pihak.

 

Dengan perhatian dan tindakan yang tepat, diharapkan acara pasar malam ini dapat berlangsung sukses dan memberikan kenangan indah bagi seluruh warga Desa Tutuyan II.

 

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.