Efek Oskar Argo, Demokrat ‘Bembeng’ Lima Kader Ke DPRD

oleh -1240 Dilihat

TUTUYAN,BOLTIM–Kabarjurnalis.com-Menyusul rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Boltim, pada Jumat, 1 Maret 2024, terungkap bahwa Partai Demokrat mengalami peningkatan suara yang signifikan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim, Sulawesi Utara. Raihan suara mencapai 10.004 suara, melampaui angka sebelumnya yang hanya sekitar lima ribuan pada Pemilu 2019.

Menurut Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC Partai Demokrat Boltim, Hamkah Pontoh, lonjakan suara ini dianggap sebagai dampak dari kehadiran Oskar Manoppo, sosok yang dikenal merakyat dan responsif terhadap masalah masyarakat. “Kehadiran Oskar Manoppo menjadi waja (magnet) tersendiri bagi masyarakat untuk mendukung Demokrat. Efeknya sangat terasa,” ungkap Pontoh.

Pontoh juga menjelaskan bahwa di Pemilu 2019, Partai Demokrat hanya meraih 5.375 suara dan mengirim dua kadernya ke DPRD. Namun, kehadiran Oskar Manoppo kali ini telah mengubah panorama politik, dengan partai berhasil memenangkan lima kursi, termasuk posisi pimpinan DPRD.

Ismail Mokodompit, seorang pemerhati sosial dan politik di Boltim, melihat lonjakan suara Demokrat sebagai hasil dari kombinasi faktor-faktor, termasuk soliditas internal partai yang dibangun oleh Argo Sumaiku sebagai ketua DPC, strategi pemenangan yang efektif, dan figur caleg yang menarik. “Selain efek Oskar Manoppo, faktor lain seperti soliditas internal partai yang dibangun oleh Argo Sumaiku semenjak menjadi ketua DPC, strategi pemenangannya yang efektif, figur caleg dan kekecewaan masyarakat terhadap partai lain, juga turut berkontribusi membuat suara demokrat naik,” papar Ismail.

Menyikapi fenomena ini, Ismail menekankan bahwa sosok Oskar Manoppo dan Argo Vinsensius Sumaiku, yang merupakan driver atau pengemudi partai, membentuk duet yang tangguh. “Kontribusi Oskar dan Argo serta seluruh caleg Demokrat pada Pemilu ini luar biasa besar. Tidak bisa dipungkiri, mereka memang solid,” tambahnya.

Meskipun masih menunggu keputusan resmi dari KPU pusat, lonjakan suara Partai Demokrat di Boltim pada Pemilu 2024 menjadi sorotan karena perubahan yang signifikan dalam peta politik lokal. Suksesnya strategi dan kepemimpinan di tingkat lokal dapat menjadi inspirasi bagi partai politik lain dalam menghadapi kontestasi politik di masa mendatang.

 

(Dp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.