Program Ketahanan Pangan Desa Air Gantang Membuahkan Hasil

oleh -2197 Dilihat

Kabar JurnalisParitiga Bangka Barat – Program ketahanan pangan Desa Air Gantang tahun anggaran 2023, telah membuahkan hasil, dengan siklus pertama sebanyak 80 ribuan bibit/benur udang vaname.

Tambak udang vaname sistem bioflok ukuran diameter 20, berlokasi di Dusun Penganak yang dikelola Pokdatatan pesisir jaya, menghabiskan biaya sekitar 180 jutaan dari Dana Desa Tahun anggaran 2023 sukses membuahkan hasil panen.

Panen persial pertama pada Kamis 29/02/2024 menghasilkan Udang sebanyak 148 Kilogram, untuk panen persial kedua direncanakan di pertengahan Bulan Puasa dan panen raya direncanakan setelah Idul Fitri.

Kepala Desa Air Gantang H. Alikan menjelaskan, Ketahanan pangan adalah tersedianya bahan pangan yang cukup, sehat, beragam, dan bergizi untuk setiap orang atau keluarga.

“Pemerintah Desa Air Gantang melalui kegiatan ketahanan pangan ini menjalankan peternakan yaitu tambak udang Vename, alhamdulilah membuahkan hasil,” ujar H.Alikan.

H. Alikan juga mengungkapkan kelompok Pokdatatan Pesisir Jaya, Desa Air Gantang telah berhasil melaksanakan program ketahanan pangan, dengan hasil sangat bagus dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Program ketahanan pangan tambak udang Vename ini sudah berlangsung dari Tahun Anggaran 2023, beliau juga berharap dukungan dari seluruh stakeholder agar kegiatan ini dapat berkelanjutan dan hasilnya terus meningkat,” ungkap H. Alikan.

(Astrian Rocky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.