BLT DD tahun 2024 Dodap Pantai Terkendala di Badan Pengelola Keuangan Boltim

oleh -111 Dilihat

BOLTIM, TUTUYAN kabar-jurnalis.com — Pemerintah Desa Dodap Pantai di Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut), hingga saat ini belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2024 kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Menurut Kepala Desa (Pj) Dodap Pantai, Kostantein Lahea, proses pencairan dana desa untuk BLT DD tahun 2024 terkendala di Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD).

“Tinggal menunggu pencairan di Badan Keuangan. Tapi, sampai sekarang belum cair,” ungkap Lahea kepada wartawan pada Senin (13/5/2024).

Lahea menjelaskan bahwa pencairan dana tertunda karena adanya syarat yang harus dipenuhi, yakni tindak lanjut dari temuan inspektorat pada tahun 2023 sebelum kepemimpinannya.

“Alasan badan keuangan belum adanya tindak lanjut dari temuan di tahun 2023. Temuan itu terjadi sebelum saya menjabat kepala desa. Nilainya ratusan juta rupiah,” jelasnya.

Lahea juga menambahkan bahwa seluruh perangkat desa belum menerima gaji. Program kegiatan pun, kata dia, belum berjalan.

“Aparat desa saja ini belum menerima gaji. Sudah empat bulan,” tambahnya.

Kepala BPKPD Boltim Wiwik Kurnia ketika dihubungi menegaskan, pencairan tidak akan dilakukan sebelum pemerintah desa menindaklanjuti temuan Inspektorat Daerah. Menurutnya, hal itu berdasarkan surat pemberitahuan nomor 700/setda.kab/201/I/2024 dari Sekretaris Daerah.

“Ini dasarnya (surat). Belum menindaklanjuti temuan inspektorat. Badan keuangan mencairkan, sesuai dengan surat pemberitahuan dari Sekretaris daerah,” tegasnya.

Wiwik menjelaskan, pihaknya akan memproses pengajuan pencairan pemerintah desa apabila telah menyelesaikan temuannya dan atau tidak memiliki temuan.

“Bagi desa yang tidak ada temuan APIP atau yang telah menindaklanjuti temuan APIP, kami segera proses pencairannya,” jelasnya.

(Dp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.