Pemdes Sumber Sari Musyarawah Pra Pelaksana Pembangunan Desa TA 2024 Sesuai Usulan Masyarakat

oleh -1739 Dilihat

Kabar Jurnalis Bengkulu–Pemerintah Desa Sumber Sari, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang menggelar Musyawarah Pra Pelaksanaan kegiatan pembangunan Desa tahun anggaran 2024, di Balai Desa setempat. Rabu 24/04/2024.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Desa, Camat Kabawetan, Kapolsek, Tenaga ahli, Pendamping Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, tokoh masyarakat serta unsur pemerintahan Desa setempat.

Sekretaris Desa Sumber Sari Rafsanto, membacakan rencana pelaksanaan pembangunan Desa, yang dipaparkan langsung bahwa kegiatan yang menjadi prioritas adalah Pembangunan Gedung Posyandu dan Pipanisasi jaringan Air Bersih.

“Kita akan rencanakan membangun jaringan Air Bersih yaitu pipanisasi sepanjang 1600 Meter dari sumber mata air hingga ke bak SPL. Untuk jaringan ke rumah penduduk Desa Sumber Sari,” kata Sekdes.

Selain itu menurut Kepala Desa Sumber Sari Sumino, memungkinkan masih ada yang belum memiliki jaringan, dan akan difokuskan kegiatan pembangunan fisik.

“Tahun ini kita akan menganggarkan untuk pembelian pipa 3 inch untuk kita pasang dari sumber air bersih hingga bak SPL dengan volume panjang 1600 Meter,” ujar Sumino.

“Ini murni dari usulan masyarakat melalui BPD dan sudah beberapa kali kita adakan musyawarah dan pembahasan tentang air bersih di Desa kita ini,” jelas Sumino.

Selain itu Sumino juga menjelaskan, untuk pembangunan jaringan air bersih, nanti dikerjakan secara gotong royong sedangkan HOK-nya dialihkan untuk penambahan pembelian pipa, sesuai keputusan bersama Masyarakat dan Pemerintah Desa.

“Untuk pengerjaan pipa ini nanti kita sifatnya akan bergotong royong, artinya HOK kita tiadakan. Sedangkan untuk HOK dialihkan untuk penambahan pembelian pipa, ini sudah sepakat dan masyarakat semua menyetujui, karena memang masalah air bersih ini menjadi krusial di Desa kita karena memang dari hulunya banyak membutuhkan perbaikan,” tutup Sumino.

Sebagai informasi, Pemerintah Desa Sumber Sari Kecamatan Kabawetan pada penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2024 akan melaksanakan pembangunan fisik gedung posyandu dengan nilai anggaran sebesar Rp 195.000.000 volume 1 unit serta pembangunan pipanisasi jaringan air bersih volume 1600 meter dengan nilai anggaran Rp 69.625.000.
(Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.