Pemdes Penanjung Panjang Atas Menggelar Musyawarah Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Dan Pemberdayaan Desa TA 2024

oleh -1500 Dilihat

Kabar Jurnalis Com–Pemerintah Desa Penanjung Panjang Atas, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang, menggelar Musyawarah Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan dan Pemberdayaan Desa, Tahun Anggaran 2024. Senen, 27 Mei 2024.

Kegiatan Acara dihadiri Kepala Desa beserta perangkatnya, Dinas PMD Kabupaten Kepahiang, Camat Tebat Karai diwakili Sekcam, Kasi PMD Tebat Karai, staf PMD Kecamatan, Ketua dan anggota BPD, Babinsa, Babinkamtibmas, Pendamping Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Warga.

Kepala Desa Penanjung Panjang Atas Iswan Hadi mengatakan sebelumnya telah membangun Jalan Rabat Beton, untuk sekarang melaksanakan pengadaan Lampu Jalan, atas usulan dan harapan masyarakat setempat pada musyawarah rapat APBDes Tahun anggaran 2024 beberapa waktu lalu.

Rencananya Iswan Hadi Winarto SE, itu akan memprioritaskan salah satunya pembangunan Lampu Jalan Desa.

Menurut Iswan Hadi, salah satu visi-misinya lampu jalan merupakan hal kebutuhan masyarakat yang perlu disahuti mengingat kondisi penerangan di Desa itu masih kurang.

“Sebelumnya kita sudah membangun Rabat Beton, tapi untuk sekarang kita melaksanakan Pengadaan lampu jalan, yang sangat penting karena membantu masyarakat yang tadi gelap di Dusun menjadi terang. Ini sebagai visi misi Desa, dan peningkatan sarana prasarana infrastruktur lampu penerangan jalan umum” ujar Iswan Hadi.

Iswan Hadi juga mengungkapkan, hal tersebut sebagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Desa Penanjung Panjang Atas.

“Saya sangat mengapresiasi usulan warga, karena hal tersebut sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas penerangan di malam hari di Desa kita,” ungkap Iswan Hadi.

“Pemasangan Lampu Jalan ini, selain memberikan penerangan buatan di sepanjang jalan, tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi pengguna jalan saat melakukan aktivitas di malam hari. Juga, dengan adanya penerangan yang optimal dapat berdampak pada pengurangan risiko kecelakaan bagi masyarakat sebagai pengguna jalan,” jelas Iswan Hadi.

“Saya berharap, tidak hanya memberikan pencahayaan pada malam hari tetapi juga menjadi sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk menciptakan suasana aman, tentram dan kondusif,” tutur Kades.

Iswan Hadi juga menjelaskan, tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat, yang merupakan program pemerintah untuk memberdayakan masyarakat, melalui peningkatan infrastruktur Desa sambil memberikan kesempatan kerja kepada warga setempat.

“Kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan untuk menginformasikan mengenai proses Musyawarah Desa (Musdes) dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk tahun mendatang,” ungkap Kades.

Kades menjelaskan hal merupakan langkah penting dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berdaya guna bagi masyarakat Desa Penanjung Panjang Atas.

“Melalui kegiatan ini, saya harapkan masyarakat dapat lebih aktif terlibat dalam proses pembangunan Desa, baik melalui partisipasi langsung maupun melalui penyampaian aspirasi dan usulan pada Musyawarah Desa. Dengan demikian, pembangunan yang dilakukan akan lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat,” ujar Kades.

“Komitmen dan kerja sama antara Pemerintah Desa, lembaga kemasyarakatan, dan seluruh elemen masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan Desa Penanjung Panjang Atas. Diharapkan bahwa kegiatan sosialisasi ini akan menjadi awal yang baik dalam upaya mencapai kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh warga Desa,” tuturnya.(Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.