Pemdes Imigrasi Permu Melaksanakan LPJ APBDes, Bumdes, MDST Anggaran 2023.

oleh -2506 Dilihat

Kabar Kepahiang

Kepahiang – Pemerintah Desa Imigrasi Permu melaksanakan Musyawarah Desa Laporan Pertanggung Jawaban(LPJ) Realisasi APBDES, BUMDES, dan MDST, Tahun Anggaran 2023 di balai Desa Imigrasi Permu. Selasa 16/01/2024.

Kegiatan musyawarah ini tahunan ini, dihadiri oleh Kepala Desa Imigrasi Permu M. Yunis, Perwakilan dari Pemerintahan Kecamatan Kepahiang, Sekcam, Dinas PMD, Masyarakat Desa, Tokoh Masyarakat, Perangkat Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, dan pendamping Desa, yang membantu dalam penyelenggaraan dalam musyawarah Desa ini.

Setelah acara dimulai dengan pembacaan Do’a, Kepala Desa Imigrasi Permu M. Yunis memulai acara dengan menyampaikan beberapa informasi penting terkait anggaran dan realisasi Anggaran Pembangunan Desa Imigrasi Permu.

Sesuai dengan prinsip transparansi dan partisipasi masyarakat, telah disajikan laporan pertanggung jawaban yang merinci penggunaan dan pendapatan yang diperoleh dari anggaran APBDES tahun 2023.

Laporan ini tidak hanya akan memberikan gambaran menyeluruh mengenai Dana yang dialokasikan dan dampaknya terhadap Desa Imigrasi Permu.

Bidang pembangunan dan Program Desa meliputi, Pembangunan Irigasi, Program Tenaga Surya, Pembangunan Jamban Sehat, Pertanian dan Peternakan, Bidang Keadaan Mendesak, program PKK, Perpustakaan, Posyandu, Kesehatan, Stunting, dan Sub bidang Masyarakat, Program Ketahanan Pangan, Kebudayaan dan Agama, Peningkatan Aparatur Desa, bidang Publikasi.

M.Yunis juga mengatakan telah merenovasi Jamban Warga yang tidak punya jamban diharap agar kita bisa memperbaikinya.

“Saya punya inisiatif membangun relokasi jamban, alhamdulilah sudah 75 persen selesai, jadi saya himbau yang belum memiliki jamban agar segera kita renovasi, Karana jamban sehat maka kita akan sehat,” kata M. Yunis.

“Kita juga memasang Lampu tenaga Surya pada posisi gelap dilingkungan Desa Imigrasi Permu, yang berguna untuk ketertiban umum,” ujar Yunis.

Sekcam Kepahiang, mengapreasiasi pelaksanaan Musdes Pertanggungjawaban pada hari ini, di karenakan musdes ini merupakan wujud keterbukaan dalam bidang keuangan yang Desa Imigrasi Permu laksanakan.

“Acara pada hari ini merupakan penyampaian laporan kegiatan Desa, kepada perwakilan masyarakat, pemaparan transparansi anggaran 2023 luar biasa seperti yang di ungkapkan Kepala Desa,” tutur Sekcam Kepahiang.

Setelah penyampain laporan Kepala Desa dan perwakilan pemerintahan kecamatan, masyarakat Desa diberikan waktu untuk menyampaikan keluhan dan masukan saran mengenai efektivitas alokasi anggaran dan pelaksanaan APBDES, BUMDES dan MDST 2023 yang akan dimasukkan sebagai konsiderasi untuk APBDES Imigrasi Permu 2024 untuk Selanjutnya.

Kemudian acara ditutup dengan penandatanganan berita acara oleh masing masing perwakilan pimpinan Desa, dengan Pengesahan Laporan Pertanggung Jawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes, Bumdes dan MDST Tahun Anggaran 2023 kepada Pemerintah Daerah.RED).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.