Kades Telak Sebutkan Bentuk Toleransi Kerukunan Dalam Tradisi Ruwah dan Hal Bermanfaat

oleh -1898 Dilihat

Kabar Jurnalis Babel – Warga Desa Telak Kecamatan Paritiga, Bangka Barat, mengelar tradisi sedekah Ruwah atau sedekah untuk mendoakan arwah sanak keluarga dalam menyambut bulan suci Ramadhan melalui adat beranggung di masjid Al Ihsan. Jumat 08/03/2024.

Tradisi sedekah Ruwah diadakan setiap tahun di masjid menjelang bulan suci ramadhan, yang dihadiri Kepala Desa Telak Fahrudin S.pd, Pengurus masjid, Babinkamtibmas, Babinsa, dan seluruh masyarakat Desa Telak.

Warga datang ke masjid membawa aneka makanan, termasuk ketupat beserta lauk pauk, untuk dimakan bersama setelah acara doa bersama.

Pada kesempatan itu. Ketua pengurus masjid Hadi Sucipto menjelaskan laporan kondisi pengelolaan dana atau keuangan masjid, tentang semua pemasukan dan pengeluaran dari uang kas masjid dilaporkan kepada jamaah masjid secara transparan.

“Laporan keuangan yang disusun untuk memberikan informasi pengelolaan dana infak dan memberikan informasi tentang dari mana sumber dana infak diperoleh dan kemana penyaluran dana infak tersebut dilakukan,” jelasnya.

“Semoga pada bulan suci ramadhan ini kita senantiasa dapat beribadah dengan baik dan jangan lupa berbakti pada orang tua,” ujar Hadi Sucipto.

Selain itu Kepala Desa Telak Fahrudin S.pd mengungkapkan tradisi ini selalu digelar setiap tahun sebelum Ramadhan, setiap warga membawa berbagai makanan untuk disantap bersama-sama di masjid sehingga akan memperkuat tali silahturahim warga.

“Tradisi sedekah ruwahan ini dilakukan setiap tahun sebelum ramadhan, merupakan penghormatan kepada orang yang telah meninggal. Pada masa-masa ini masyarakat biasanya melakukan berbagai kegiatan keagamaan sebagai puji sukur kepada Allah SWT,” ungkap Kades.

Tidak hanya itu Fahrudin juga mengatakan prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2024, dalam bentuk pelaksanaan pembangunan Desa Telak dan Kegiatan – kegiatan yang akan dilaksanakan ditahun 2024.

“Kita akan melaksanakan prioritas penggunaan dana Desa 2024, untuk pembangunan dan kegiatan yang bermanfaat dimasyarakat,” kata Fahrudin.

Dia juga mengatakan sebagai momentum menyambut ramadhan untuk saling bersilaturahmi, dalam bentuk toleransi dan kerukunan setelah berbeda pilihan pada pemilu serentak tanggal 14 Februari lalu,” tuturnya.

“Saya mohon kepada kaula Muda untuk menjauhi Narkoba dan zat adiktif lainnya. Selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh masyarakat Desa Telak, semoga ramadhan ini kita bisa beribadah dengan khusuk dan amal ibadah kita diterima Allah,” tutup Fahrudin.
(Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.