Desa Talang Gelompok Masuk Lima Besar Lomba Desa Terbaik Seprovinsi Bengkulu Tahun 2024

oleh -2722 Dilihat

Kabar Jurnalis Com-Desa Talang Gelompok, Kecamatan Seberang Musi, Kabupeten Kepahiang, masuk nominasi Lima Besar Desa terbaik dalam Lomba Desa dan Kelurahan se- Provinsi Bengkulu, yang ditinjau secara langsung ke oleh tim penilai dari Provinsi. Jumat 21/06/2024.

Peninjauan itu dilakukan untuk melihat dan menentukan siapa juara Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2024. Desa Talang Gelompok mewakili Kabupeten Kepahiang yang maju dalam Lomba Desa se -Provinsi Bengkulu.

Dalam kegiatan, Siswanto Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu mengatakan dari 1341 Desa yang ada di Provinsi Bengkulu, Desa Talang Gelompok Satu – satunya mewakili Kabupaten Kepahiang masuk lima besar, yang saat ini tim penilai dan Verifikator akan melaksanakan penilaian untuk menentukan 3 besar.

“Desa Talang Gelompok ini sudah masuk lima besar se-provinsi Bengkulu, persiapkan saja administrasinya dengan baik, dengan akulasi jajaran Pemerintah Desa yang baik, ternyata mampu menjadi pringkat ke lima minimal saat ini,” kata Siswanto.

Sementara Kepala Desa Talang Gelompok Sapuan Ali setelah verifikasi dari dinas PMD Provinsi Bengkulu masuk lima besar, saat tengah mempersiapkan dengan baik agar bisa lolos ke tahap berikutnya tiga besar.

Sapuan Ali mengaku optimistis. Desa nya bisa menjadi juara dalam lomba Desa tahun ini. Mengingat potensi dan inovasi yang dikembangkan sangat bagus.

Dia juga menyampaikan pencapaian saat ini merupakan bentuk kerja keras bersama perangkat Desa yang tak luput dari dukungan masyarakat Desa Talang Gelompok.

Selain itu, Sapuan menyampaikan harapan bahwa keberhasilan Desa Talang Gelompok masuk Lima besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Bengkulu, akan memotivasi Desa – Desa lainnya untuk berkembang dan maju.

“Tentunya kami sangat senang dengan masuknya Desa Talang Gelompok ini sebagai 5 terbaik Lomba Desa Tingkat Provinsi Bengkulu, dan saya ucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Desa kita tercinta ini,” ujar Sapuan.

“Kami berharap keberhasilan ini akan menjadi rujukan Desa -Desa lainnya. Untuk turut berkembang dan maju melalui penilaian lomba Desa Provinsi Bengkulu,” tutur Sapuan.

Masuknya Lima besar Desa Talang Gelompok. Seharusnya Desa lainnya. Untuk turut mengembangkan potensi unggulan di setiap desa/kelurahan. Baik di sektor pertanian, pariwisata dan UMKM. Sehingga membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

“Mudah – mudahan apa yang sudah ditampilkan Desa Talang Gelompok, dapat memberikan dampak positif. Terutama bagi Desa – Desa di Kabupaten Kepahiang. Untuk terus mengembangkan potensi Desanya demi kesejahteraan masyarakat. Semoga Desa lain bisa termotivasi dari Desa Talang Gelompok,” papar Sapuan.

Tim penilai lomba tersebut, terdiri dari Tim Penggerak PKK Provinsi Bengkulu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bengkulu, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi, Tenaga Ahli Aplikasi DPMD Provinsi. Tim penilai telah berkeliling melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan 12 kategori penilaian.

Ke 12 kategori penilaian tersebut yaitu pelaksanaan pemerintahan dan perencanaan, pendidikan, kegiatan PKK, administrasi batas dan kerjasama Desa, kelembagaan masyarakat, kesehatan, keterbukaan informasi publik dan KIM, inovasi pelayanan BUMDes, keamanan dan ketertiban, keuangan aset prestasi BPD LPMK, ekonomi investasi dan penanggulangan kemiskinan, serta tanggap bencana.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Desa Talang Gelompok dan Perangkatnya, Asisten 1, Camat, Kapolsek, Danramil, Dinas PMD Provinsi Bengkulu, Dinas PMD Kabupeten Kepahiang, PMD kecamatan, PKK, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.(Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.