Pemdes Daspetah 1 Melaksanakan Pembagian BLT DD Tahap 1 TA 2024

oleh -1281 Dilihat

Kabar Jurnalis Bengkulu–Pemerintah Desa Daspetah, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang, Melaksanakan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap 1 tahun anggaran 2024. Jumat 05/04/2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Daspetah 1 Sahyar, Camat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD, Pendamping Desa tingkat Kecamatan, Pendamping Lokal Desa (PLD) serta Masyarakat Keluarga penerima Manfaat (KPM) BLT -DD. Di Balai Desa Daspetah 1.

Penyaluran BLT-DD tesebut Disalurkan 4 bulan (Januari S/d April) Dengan nominal Rp.300.000,- /Bulan. Sehingga Penerima keluarga penerima manfaat menerima total Rp.1200.000,-.dan disalurkan secara tunai/cash.

Pada tahun 2024 Desa Daspetah 1 Menetapkan sebanyak 29 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Sesuai dengan Peraturan Kepala Desa Nomor 08 Tahun 2023 tentang Penetapan KPM 32. BLT-DD.

Disebutkan Kepala Desa Daspetah 1 Sahyar, dalam pembagian BLT DD ada aturan baru yang memang harus diperhatikan oleh penerima BLT Dana Desa.

Kriteria penerimaa Manfaat KPM BLT-DD Berdasarkan Ketentuan Pasal 3 ayat 3 Permendes nomor 13 Tahun 2023 yaitu :
a. kehilangan mata pencaharian
b. mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun, sakit kronis, dan/atau penyandang disabilitas;
c. tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan;
d. rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal anjut usia; atau
e. perempuan kepala keluarga dari keluarga miskin.

Sahyar juga menjelaskan sebelum melakukan penetapan dan penyaluran BLT Dana Desa 2024 Perangkat Desa harus melakukan pendataan dan survei langsung ke rumah penerima. Jika dalam satu Per satu di Desa setempat, tidak terdapat keluarga miskin ekstrem, maka perangkat Desa bisa melihat daftar keluarga miskin ekstrem di Desa 1-4 sekitarnya.

“Apabila tidak ada juga baru lah penetapan penerima BLT Dana Desa 2024 menyasar keluarga yang kehilangan mata pencaharian, keluarga yang memiliki anggota keluarga rentan sakit menahun atau kronis, memiliki anggota rumah tangga tunggal lansia ataupun difabel,” ungkap Sahyar.

Dia juga mengatakan Pencairan BLT Dana Desa 2024 setiap bulan dari bulan Januari hingga Desember sebesar Rp 300 ribu. Tetapi bisa juga dicairkan maksimal 4 bulan sekali.

“Harapan saya kepala masyarakat Penerima BLT dapat digunakan sebaik mungkin untuk kebutuhan keluarga sehari-hari, dan Alhamdulillah semoga bermanfaat,” tutur Sahyar. (Rondi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.